Michael Jackson official website | Members area : Register | Sign in

Dari Raja Pop jadi Pecinta Lingkungan

12 January 2014

Share this history on :
Banyak orang berpikir Michael Jackson sebagai orang yang berbeda, tidak biasa, dan bahkan gila. Tapi dia membuat perbedaan di dunia yang hanya sedikit orang memahaminya.

Lewat lagunya 'Earth Song', yang sedikit dikenal di Amerika Serikat, dia telah mengubah dunia dalam berbagai cara. Michael Jackson bukan saja menjadi Raja Pop, dia juga menjadi ikon penting bagi lingkungan, seperti dilansir situs ecojazz, 26 November dua tahun lalu.

Setelah menulis banyak lagu tentang kesadaran sosial, seperti di lagu 'Man in the Mirror', 'We are the World', dan 'Heal the World', Jackson memutuskan untuk menulis sebuah lagu yang mempromosikan pelestarian lingkungan hidup serta konservasi sumber daya alam.

Dia mulai menulis 'Earth Song' selama tur di Austria pada 1995. Terjual lebih dari sejuta kopi, 'Earth Song', menjadi lagu populer di Inggris. Michael Jackson juga menerima banyak penghargaan lingkungan atas lagunya itu, termasuk Genesis Award dan Doris Day Music Award pada 1995.

Jackson berusaha membuat lirik sesederhana mungkin sehingga seluruh dunia dapat memahami pesan-pesan di lagunya. Dia berfokus pada dua pendekatan yang berbeda untuk meningkatkan kesadaran lingkungan, yakni konservasi dan pelestarian.

Konservasi adalah manajemen yang penuh kehati-hatian terhadap lingkungan dan sumber daya alam. Sedangkan pelestarian adalah kegiatan melindungi sesuatu dari kerugian atau bahaya. Dalam liriknya, Michael Jackson menyatakan relevansi konservasi dan pelestarian tidak hanya bagi lingkungan, tetapi untuk spesies yang terancam punah.
"Saya ingat menulis 'Earth Song' ketika saya berada di Austria, di sebuah hotel. Dan saya merasakan begitu banyak rasa sakit dan penderitaan di Planet Bumi. Bagi saya, ini adalah Lagu Bumi, karena saya berpikir alam berusaha keras untuk mengimbangi kesalahan manusia di Bumi ini," ucap penyanyi kelahiran 1958 itu, seperti dikutip situs songfacts.com.
"Dan dengan ketidakseimbangan ekologi yang terjadi, dan banyaknya masalah lingkungan, saya pikir Bumi merasa sakit, dan dia terluka. Tapi ini adalah kesempatan saya untuk setidaknya membuat banyak orang mendengar suara planet ini. Dan ini adalah 'Lagu Bumi', dan itu yang mengilhami saya. Dan tiba-tiba saja, lagu itu turun ke pangkuan saya ketika saya melakukan tur di Austria," tulis Michael Jackson kala itu.
Sumber

Terima kasih Merdeka.com atas artikel yang luar biasa ini. Semoga dapat membuka mata, mengubah persepsi dan perspektif tentang Michael Jackson dan pesan yang disampaikan melalui lagu-lagunya.
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 komentar:

Post a Comment