25 April 2014

Rangkuman Info Terbaru Album 'XSCAPE'

Hai hai. Hampir 4 minggu setelah pengumuman resmi perilisan album baru Michael Jackson yang diberi nama, XSCAPE, yang akan dirilis dan tersedia di toko-toko musik pada 13 Mei 2014.

Pengumuman awal pada 31 Maret lalu pihak Epic/Sony dan MJ Estate tidak mengumumkan keseluruhan informasi. Mereka hanya mengumumkan tanggal rilis, tanggal dan tempat pre-order, cover art album, jumlah lagu yang akan dirilis, dan sebuah video teaser.

Di masa teka-teki tersebut itu pun fans mulai menebak-nebak informasi yang belum diumumkan, terutama tracklist alias daftar lagu yang akan dirilis. Lalu dengan digelarnya beberapa acara mendengarkan album XSCAPE secara eksklusif (Exclusive Listening Session) di beberapa negara oleh pendiri Epic Records, LA Reid, sedikit demi sedikit judul lagu yang akan dirilis pun terkuak.

Berikut ini beberapa info terbaru hingga tanggal 25 April 2014. Artikel ini akan diperbarui jika ada info terbaru.

1. XSCAPE Akan Dirilis Resmi di Indonesia
Ada album baru yang dirilis, pasti para penggemar dan terutama para kolektor MJ langsung bertanya-tanya. Apakah album ini akan dirilis resmi dan dijual di Indonesia? Kekhawatiran album XSCAPE tidak akan dirilis di Indonesia berawal dari tidak dirilisnya album BAD 25 dan DVD Bad Tour Wembley di Indonesia pada September 2012.

Namun tak perlu khawatir lagi. Melalui e-mail kepada MJLI, Sony Music ID mengkonfirmasi bahwa album XSCAPE akan dirilis resmi dan dijual di Indonesia pada 13 Mei 2014, bersamaan dengan tanggal rilis di Amerika Serikat. Jadi, silakan nanti tanggal 13 Mei pergi ke toko musik terdekat untuk membeli album XSCAPE.

Versi yang akan dirilis pada 13 Mei adalah versi Standar, 1 keping CD audio berisi 8 lagu baru MJ hasil aransemen Timbaland, dkk. Untuk versi Deluxe, akan dirilis lebih lama (akan diberitahu jika sudah ada konfimasi tanggal dari Sony Music ID) karena berisi 2 keping CD dan 1 keping DVD, jadi membutuhkan proses yang lebih lama untuk produksi dan 2 video dalam DVD harus lulus sensor terlebih dahulu.

Berikut ini merupakan tanggal rilis album XSCAPE di berbagai negara.
Jerman: 9 Mei 2014
Perancis, Spanyol dan Inggris Raya: 12 Mei 2014
AS, Kanada, Indonesia dan Italia: 13 Mei 2014
Jepang: 21 Mei 2014
AS (Vinyl/Piringan hitam LP): 27 Mei 2014
India: 29 Mei 2014

Sumber


2. Tracklist XSCAPE versi Standar Resmi Diumumkan
Setelah berbagai spekulasi dan prediksi tracklist beredar di kalangan fans, akhirnya pada 23 April pihak Epic/Sony dan MJ Estate mengumumkan 8 judul lagu yang akan mengisi versi Standar, sbb. (ditambah dengan info penulis lagu dan produser yang mengaransemen tiap lagu.)
  1. Love Never Felt So Good (Penulis: MJ, Paul Anka, Wakefield | Produser: John McClain, Giorgio Tuinfort)
  2. Chicago (Penulis: Cory Rooney | Produser: Timbaland )
  3. Loving You (Penulis: MJ | Produser: Timbaland)
  4. A Place with No Name (Penulis: Dr. Freeze, Bunnel | Produser: Stargate)
  5. Slave to the Rhythm (Penulis: LA Reid, Babyface | Produser: Timbaland, Jerome Harmon)
  6. Do You Know Where Your Children Are (Penulis: MJ | Produser: Timbaland )
  7. Blue Gangsta (Penulis: Dr. Freeze | Produser: Stargate)
  8. Xscape (Penulis: R. Jerkins, F. Jerkins III, Daniels, Mason, MJ | Produser: R. Jerkins )
Ternyata prediksi fans selama 2-3 minggu tersebut sama persis alias tidak meleset. Hanya berbeda pada urutan saja, seperti terlihat pada gambar berikut:



Hal yang sedikit mengecewakan disini, MJ Estate kembali tidak langsung merilis info resmi secara sekaligus. Mayoritas fans berharap pada pengumuman tracklist resmi, mereka akan langsung menyampaikan tracklist lengkap untuk versi Deluxe yang memiliki 9 lagu tambahan yang merupakan versi original dari 8 lagu di versi Standar dan 1 lagu bonus, juga 1 DVD berisi 2 buah video yang masih belum diketahui.


3. Salah Satu Lagu dari Album XSCAPE akan Premiere di iHeartRadio Music Awards 2014




Sehari sebelum tracklist diumumkan, ada sebuah berita gembira untuk fans. Karena dalam sebuah video promo untuk malam penganugerahan iHeart Radio Music Awards, disebutkan bahwa mereka akan menampilkan sebuah lagu baru MJ dalam acara tersebut. Wow!

Tentunya lagu tersebut adalah salah satu lagu di album XSCAPE. Lagu yang mana ya kira-kira? Apakah lagu tersebut juga akan dijadikan single pertama? Hhmm. Pertanyaan lainnya, apakah lagu ini hanya akan diputar atau akan diiringi oleh live performance?

Disebut-sebut bahwa lagu yang akan di-premier-kan adalah Love Never Felt So Good. Karena lagu ini dianggap yang paling radio-friendly, juga karena lagu ini rencananya akan dirilis sebagai single pertama pada 5 Mei. Benarkah? Hhhmm. Kita lihat saja jawabannya pada acara tersebut yang akan ditayangkan NBC pada 1 Mei.

Berikut video promo iHeartRadio Music Awards 2014.

4. Kompetisi #XscapeToVegas


Bersamaan dengan diumumkannya tracklist, MJ Estate juga mengumumkan sebuah kompetisi yang diberi tajuk XSCAPE to Vegas yang berhadiah sebuah perjalanan ke Las Vegas, menonton pertunjukan MJ ONE, dan sebuah secret MJ experience untuk 2 fans yang beruntung. Kompetisi ini mengundang fans untuk mengirimkan dan mengunggah video di Instagram tentang alasan kenapa dia berhak mendapatkan hadiah yang ditawarkan.

Nah, sayangnya Indonesia tidak termasuk kepada negara yang bisa mengikuti kompetisi ini. Jadi percuma kalau pun ikut pasti tidak akan diterima. :(

Lengkapnya silakan kunjungi vegas.michaeljackson.com.


5. MJ Official Store membuka Pre-Order untuk XSCAPE

Bersamaan dengan diumumkannya tracklist resmi, MJ Official Store juga membuka pre-order untuk beberapa variasi format perilisan. Diantaranya ada piringan hitam album XSCAPE dan paket album dengan kaos eksklusif. Info lengkapnya bisa dilihat disini.

Sebagai penutup yuk lihat lagi video teaser album XSCAPE.

1 comment:

  1. pengalaman yg dulu sie ad di toko cd setelah beberapa hari dari tgl rilis. terkadang jg harus pesan dulu ma tokonya.

    ReplyDelete